Kamis, 15 November 2018  
 
 
 
22 Februari 2018
5 FOKUS DAN SASARAN MENJADI KARYAWAN PRODUKTIF

 

Ideologi dari Management System disebut sebagai basic mentalityyang merupakan sikap mental yang mendasari cara berpikir dan bertindak dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari sesuai sistem nilai Capital Group.  Basic Mentality memiliki 5 fokus, diantaranya Focus on Customer, Focus on PDCA, Focus on Facts & Data, Focus on Teamwork, dan Focus on Excellence.

Dalam Focus on Customer terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kualitas adalah nilai tambah bagi pelangganCustomer engagement/Keterikatan Pelanggan dapat terjadi apabila sebagai penyedia jasa atau produksi tersebut proaktif membangun hubungan dengan pelanggan. Kedua, kualitas adalah QCDSM (Quality-Cost-Delivery-Safety-Morale) produk atau jasa berdasarkan sudut pandang pelanggan. Ketiga, semua hal yang berhubungan dengan pelanggan perlu diselesaikan secara tuntas.

 Focus on PDCA berbicara mengenai Manajemen/Pengendalian, artinya perlu ada pemeliharaan (maintenance), perbaikan (improvement)  dan peningkatan (innovation) secara kualitas dan waktu. Dengan menanamkan nilai “next process is my Customer”, maka PDCA perlu untuk dimulai dari awal hingga akhir. PDCA memerlukan tindakan korektif dan preventif supaya tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai.

Untuk pelanggan bisa Focus on data, memerlukan pengukuran prioritas data yang akan dicari atau dikumpulkan sesuai dengan kebutuhan yang sedang dihadapi. Jelas dalam kesepatakan dan sepakat dalam Kejelasan diperlukan untuk menghindari terjadinya komunikasi yang berbeda antar individu. Setelah prioritas dan kejelasan telah ditentukan diperlukan standar yang disebut SOP agar fakta dan data yang telah dikumpulkan menjadi solusi atau improvement atas masalah yang sedang dihadapi.

Focus on Teamwork didasari oleh 3 hal, pertama, diperlukan adanya kedewasaan dari individu secara kompetensi ataupun karakter agar iklim kerja yang positif dapat dibangun. Hal yang kedua adalah hubungan atasan dan bawahan perlu terjalin di setiap fase PDCA. Yang ketiga dalam membangun focus on teamwork diperlukan keselarasan Tim dan antar Tim.

Focus on Excellence akan terwujud bila setiap orang berani untuk bebas mencoba hal-hal baru dan keluar dari zona kenyamanannya. Setiap inisiatif dan tindakan tidak luput dari resiko karena telah dikelola dan ketajaman dalam mengkalkulasi resiko-resiko yang akan dihadapi. Dengan demikian, perlu membangun budaya organisasi pembelajaran agar setiap kegagalan dan kesukesan menjadi proses menuju organisasi yang unggul.

 

Jadilah karyawan yang memiliki Basic Mentality yang Benar dan Dihidupi demi Kesuksesan karir anda!

 

Salam Insight,

 

Education and Training Center.

[ Kembali ]
----------------------------------------------------------------

Berita lain:
 
  Email :  
  Password :  
       
      Register | Forget Password  
 
Online Support 1 :  
Online Support 2 :  
 
  PEOPLESIGHT CENTER
Jl. Perintis Kemerdekaan,
Perkantoran Pulomas Blok IV/10
Jakarta Timur 13620
Indonesia

Phone. +62 21 4702012
Fax. +62 21 4890938
Email. Info@pandawakaryacitra.co.id
 
 
 
© Copyright 2011 - design and Hosting@faberhost.com